Thursday, June 13, 2013



Hedgehog
 atau landak susu sesuai dengan habitatnya tinggal di permukaan tanah. Oleh sebab itu tidak perlu dimandikan terlalu sering. Hanya karena kebutuhan kita akan landak sebagai pet, maka kita juga mewajibkan mereka bersih dan wangi supaya sehat untuk udara di rumah kita sendiri.


Apabila mereka menemukan bebauan yang tidak dikenal, mereka akan menjilati tubuh mereka sendiri untuk menebarkan ludah mereka yang telah berbentuk busa di antara duri mereka dan kegiatan ini membuat mereka jadi kotor. Inilah yang disebut self anointing. Kalau kegiatan self anointing ini semakin sering, sudah saat nya si landak susu mandi.

1. Area memandikan dapat menggunakan baskom, tempat cuci, bak mandi, ataupun wastafel. Saya sendiri lebih suka menggunakan baskom dengan pertimbangan landak tidak mudah memanjat baskom. Sebaiknya air disiapkan sebelum landak dimasukkan. Usahakan selalu mengecek temperatur air terlebih dahulu sebelum mencelupkan si landak agar mereka tidak kaget
Landak susu adalah perenang yang baik, sehingga aman membuat mereka “berenang” di area mandi yang berisi air cukup dalam (tapi jangan coba2 di kolam renang ya), jangan pernah ditinggalkan sendirian, karena apabila mereka lelah berenang, mereka akan tenggelam atau memanjat keluar sehingga bisa jatuh ke lantai.

2. Untuk sabun atau sampo, bisa mengunakan segala jenis sabun /shampo cair, pilih yang tidak memakai wewangian dan tidak dianjurkan sabun pribadi anda. Akan lebih baik gunakan yang tidak pedih di mata agar tidak menyakiti si landak. Tuangkan kira-kira segenggam ke tangan, kemudian usapkan di punggung, perut dan kaki…hindari mata dan telinga. setelah selesai, siram dengan air hingga bersih. Jika ada kotoran yang sulit lepas atau membandel, gunakan saja sikat gigi untuk membersihkan. Setelah itu bilas hingga bersih, lalu bungkus si landak dalam handuk, dan tepuk2 hingga kering. Pastikan mereka punya tempat berlindung yang kering untuk menunggu duri mereka kering total, atau boleh juga di hair dryer (Jangan menggunakan suhu yang paling panas, gunakan saja suhu hangat dan selalu berpindah2 tempat, agar panasnya tidak menyengat kulit landak)

3. Pastikan sikat giginya bukan bekas menyikat gigi maupun menyikat lantai kamar mandi ataupun pantat panci, karena segala cairan kimia itu berbahaya untuk binatang peliharaan.

4. Dan yang terakhir, jangan mengajak landak anda piknik keluar setelah mandi, biarpun cuaca sedang cerah. Landak susu amat sensitif dengan perubahan cuaca, bisa pilek. Ini serius, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena landak yg terkena sinar matahari langsung bisa buta

5. Jika punya beberapa landak, disarankan, jangan memandikan sekaligus, karena ada kemungkinan, landak saling melukai karena berantem atau dijadikan sarana untuk memanjat.

0 comments:

Post a Comment